Skip to main content

Mengenal Lebih Dekat 5 Lapisan Atmosfer Bumi, Sudah Tahu Belum?

Mengenal Lebih Dekat 5 Lapisan Atmosfer Bumi, Sudah Tahu Belum?

 
Mengenal Lebih Dekat 5 Lapisan Atmosfer Bumi, Sudah Tahu Belum?
 
 
Ternyata bumi dibentengi dengan begitu ekstra, lho
Mengenal Lebih Dekat 5 Lapisan Atmosfer Bumi, Sudah Tahu Belum?

DominoQQ  - Bumi, planet yang anda tempati ini sangat spesial salah satu planet-planet lain, karena melulu satu-satunya planet yang bisa dihuni oleh makhluk hidup. Terlebih dari itu, ternyata Tuhan membuat bumi tidak sekedar dibuat guys, bumi dibentengi oleh 5 lapisan atmosfer yang memiliki ciri khas dan tugasnya masing-masing. Mari simak keterangan tentang 5 lapisan atmosfer yang mengayomi bumi.

1. Troposfer (troposphere)

Mengenal Lebih Dekat 5 Lapisan Atmosfer Bumi, Sudah Tahu Belum?


DominoQQ  - Troposfer adalahlapisan atmosfer terdalam atau sangat dekat dengan bumi. Lapisan ini berjarak sampai 12 km dari bumi. Pada lapisan troposfer ini, udara masih terbilang stabil, tidak begitu panas dan tidak begitu dingin. Di lapisan troposfer pula terakumulasi sekian banyak  gas yang diperlukan makhluk hidup laksana oksigen, karbondioksida, hidrogen, nitrogen dll.

Lalu dimanakah peristiwa alam terjadi? Ya, jawabannya merupakan di lapisan troposfer. Seperti halnya awan, petir, topan, angin kencang dll.

Mengutip dari Traveller.com.au pesawat individu dan jet komersial dapat terbang pada elevasi 42.000 kaki, 42.000 kaki sama dengan 12 km dari bumi. Nah, dengan kata lain pesawat pun melulu mampu terbang di lapisan troposfer. Lebih dari itu, ekuilibrium akan hilang sebab oksigen yang dipasok ke mesin pesawat akan tidak banyak dan mesin dapat mengalami kerusakan.

2. Stratosfer (stratosphere)

Mengenal Lebih Dekat 5 Lapisan Atmosfer Bumi, Sudah Tahu Belum?

DominoQQ  - Lapisan kedua merupakan lapisan stratosfer. Lapisan ini berada di elevasi 12 km-60 km. Pada lapisan stratosfer ada bahan sulfat, merupakan yang memengaruhi terjadinya hujan. Di samping itupun stratosfer terbilang istimewa, sebab ada lapisan ozon. Lapisan ozon ini bermanfaat untuk menghalau sinar matahari yang tentunya andai tidak terdapat lapisan ozon bumi akan paling panas. Syukurlah terdapat lapisan ozon!

3. Mesosfer (mesosphere)

Mengenal Lebih Dekat 5 Lapisan Atmosfer Bumi, Sudah Tahu Belum?

DominoQQ  - Lapisan ketiga atau yang sangat tengah merupakan mesosfer. Lapisan ini berada pada elevasi 60 km-80 km. Perlu anda ketahui, bahwa pada lapisan mesosfer suhu udara kian tidak stabil, masing-masing jarak 100 meter suhu udara bakal turun 0.4 °C, puncaknya dapat mencapai -120°C. Nah, andai ada meteor jatuh dengan suhu yang panas sekalipun bakal pecah berkeping-keping saat menginjak lapisan satu ini. Wah wah wah beruntung ya warga bumi, benar-benar terlindungi.

4. Termosfer/ionosfer (thermosphere)

Mengenal Lebih Dekat 5 Lapisan Atmosfer Bumi, Sudah Tahu Belum?

DominoQQ  - Lapisan keempat merupakan lapisan termosfer dan biasa disebut pun ionosfer, lapisan ini sedang di 80 km-375 km. Mengapa disebutkan ionosfer? Ya, sebab pada lapisan ini terjadi ionisasi yang disebabkan dari radiasi sinar matahari. Nah, berkat adanya ionisasi ini radio komunikasi yang kita pakai sehari-hari dipantulkan pulang ke bumi. Keren!

5. Eksosfer (exosphere)

Mengenal Lebih Dekat 5 Lapisan Atmosfer Bumi, Sudah Tahu Belum?

DominoQQ  - Lapisan yang sangat jauh dari permukaan bumi merupakan lapisan eksosfer, lapisan ini berada pada elevasi 500 km-1000 km. Suhu udara pada lapisan ini dapat mencapai 2.200 °C, pada lapisan eksosfer kandungan gas utamanya merupakan hidrogen dan pada lapisan ini udara paling tipis.

Menjadi pelindung bumi pada unsur terluar, lapisan eksosfer adalahlapisan yang sangat mengerikan, sebab pada lapisan ini terjadinya kerusakan meteor dan benda luar antariksa lainnya.

Itulah 5 lapisan atmosfer yang mengayomi bumi dan segala isinya. Lebih dari itu, tanggung jawab kita paling besar sebagai makhluk hidup yang berakal, mengawal alam dari kehancuran seperti efek lokasi tinggal kaca, pemakaian bahan kimia yang berlebihan, kebakaran hutan dll yang pastinya semua tersebut memengaruhi lapisan atmosfer bumi. 



 || Poker99 || DominoQQ || BandarQ Online || PokerQQ || Agen BandarQ ||

Comments

Popular posts from this blog

Viral! Video Syur Mirip Gamer Sarah Viloid Beredar di Medsos

Skena video game Indonesia kembali dihebohkan dengan sebuah skandal. Baru-baru ini, video mirip gamer Sarah Viloid menjadi buah bibir di media sosial.  Bandar99 Video yang mirip dengan streamer game tersebut telah menyebar luas di beberapa platform media sosial. Tak lama, tayangan tersebut langsung ramai dibicarakan. Dalam cuplikan tersebut, seorang perempuan yang disebut-sebut mirip dengan Sarah Viloid tampak melakukan adegan tidak senonoh di depan kamera. Video tersebut memperlihatkan perempuan yang mirip Sarah Viloid sedang merekam dirinya sambil membuka pakaian dan memperlihatkan sebagian anggota tubuhnya.  Agen BandarQ Tayangan yang berdurasi tak lebih dari 30 detik tersebut sontak mendapat banyak tanggapan dari para netizen. Pasalnya, Sarah Viloid adalah salah satu streamer ternama di Indonesia. Ya, Sarah Viloid adalah salah satu streamer dengan jumlah penggemar yang cukup banyak. Ia sendiri memiliki 4,44 juta subscriber di kanal YouTube-nya. Sarah Viloid juga memiliki 5,7 juta p

TINGKATAN KARTU DAN BUNGA TERTINGGI DALAM PERMAINAN POKER

TINGKATAN  KARTU DAN BUNGA TERTINGGI DALAM PERMAINAN POKER POKER ONLINE TERPERCAYA -  Poker adalah permainan kartu yang sudah dikenal oleh seluruh dunia, dan permainan kartu yang sangat populer saat ini. Untuk permainan P oker sendiri tidaklah sulit karena hanya mengombinasikan 5 buat kartu yang ada di meja dengan 2 kartu yang kamu miliki. Tingkatan dan Susunan kartu Poker dalam permainan Poker   hal yang terpenting adalah kamu harus mengetahui tingkatan / susunan kartu Poker dari yang tertinggi hingga yang terendah, berikut adalah tingkatan / susunan kartu Poker dari yang tertinggi hingga yang terendah. 1. Royal Flush 2. Staright Flush 3. Four if a Kind 4. Full House 5. Flush 6. Staright 7. Three of a Kind 8. Two Pair 9. One Pair 10. High Card Tingkatan Bunga Tertinggi Hingga Terendah. dalam kasus tertentu, mungkin akan terjadi kesamaan tingkatan / susunan kartu kamu dengan player lain. Entah itu sama sama kartu Royal Flush, Stra

Penjelasan Ilmiah Tidur Ketindihan Hantu

 Merasa pernah tertindih hantu? Pernah terbangun dari tidur, tapi sulit bergerak ataupun berteriak? Tenang, Anda bukan sedang diganggung makhluk halus. Ini penjelasan ilmiahnya! Menurut medis, keaadaan ketika orang akan tidur atau bangun tidur merasa sesak napas seperti dicekek, dada sesak, badan sulit bergerak dan sulit berteriak disebut sleep paralysis alias tidur lumpu (karena tubuh tak bisa bergerak dan serasa lumpu). Hampir setiap orang pernah mengalaminya. Setidaknya sekali atau dua kali dalam hidupnya. Agen BandarQ Online Sleep paralysia bisa terjadi pada siapa saja, lelaki atau perempuan. Dan usia rata rata orang pertama kali mengalami gangguan tidur ini adalah 14 - 17 tahun. Sleep paralysis alias tindihan ini menang bisa berlangsung dalam hitungan detik hingga menit, Yang menarik, saat tindihan terjadiu kita sering mengalami halusinasi, seperti melihat sosok atau bayangan hitam di sekitar tempat tidur. BandarQ Online Tak hera, fenomena ini pun sering dikaitkan dengan hal mis